Outliers Never Die

22 Mar 2010

Sampai dengan akhir tahun 80an, the Oxford Dictionary belum mampu mendefinisikan apa makna outliers itu. HP blackberry saja masih memberikan garis bawah terhadap kata outliers ini, pertanda bahwa bahasa itu belum dikenal. Pak Andi menerjemahkan outliers ke dalam Bahasa Indonesia menjadi pencilan, yakni suatu pengamatan statistik yang nilainya berbeda sekali dari nilai kelompoknya. ( Dr Asep Saefuddin)

Kalau umumnya pada hari minggu orang bisa bangun agak siang karena tidak bekerja,justru saya selalu bangun lebih pagi. Nikmat saja menikmati minggu pagi,segelas kopi hangat dan koran pagi,juga mencumbui dunia maya dengan santai. Tak ada beban untuk buru-buru, sepertinya semua berjalan dalam gerak slow-motion.

Hari ini nggak ada rencana keluar,jadi seharian menata ulang sound system untuk kamar tidur. Masih belum puas dengan yang sudah ada,selain kabel2 yang seperti mie ayam di lantai, posisi speaker pun masih harus disesuaikan lagi. Ini mau bikin diskotik atau tempat istirahat ya? Pantas saja susah mencari literatur tentang “panduan menata sound system untuk kamar tidur”. Yang jelas, bagi saya,musik adalah obat, kelelahan bisa dikurangi dengan mendengar musik yang kita sukai. Untuk kamar tidur, sebenarnya sepasang speaker BMB 250W sudah lebih dari cukup, namun dasar serakah, telinga masih ingin lebih manja lagi.

Ampli ONKYO TX-SV70PRO dapat dimanfaatkan lebih dari sekedar suara stereo, maka lebih baik ditambah speaker yang lebih kecil untuk lebih meramaikan efek suara yang bisa dihasilkan. Akhirnya saya putuskan untuk meletakkan speaker BMB di sisi kiri dan kanan kepala ranjang, sedangkan speaker tambahan berada di bagian depan dekat kaki ranjang. Jadi ketik berbaring, seakan-akan di kelilingi oleh empat penjuru sumber suara. Prinsip dasar audio,sederhana saja, sistim stereo memiliki komponen dua buah speaker kiri dan kanan. Jadi ketika posisi kiri dan kanan ini diatur sedemikian rupa, akan terasa pemisahan suara stereo-nya. Berbagai jenis lagu dicoba untuk merasakan perbedaan dari posisi ini.Salah satu lagu yang begitu terasa berbeda adalah ketika memutar lagu Innuendo-Queen,suasananya lebih “hidup”. Setelah semuanya selesai, ambil posisi enak sambil berbaring,kemudian memutar lagu Creep-Radiohead dengan volume agak kencang,belum separuh lagu, sudah ketiduran. Ah, dasar outlier!

Kegiatan berikutnya memasang kamera CCTV untuk kamar. Tak perlu menggunakan banyak kamera untuk memantau beberapa wilayah di bagian pagar belakang rumah,cukup 1 kamera infra-red yang dipasang dengan rotator. Kendala utama dari kamera CCTV ini biasanya pada adaptor dan usia kamera,karena instalasinya dpasang ON nonstop. Jika ingin lebih awet, sumber listrik dapat dikendalikan dari dalam kamar dengan memasang steker ON-OFF,sehingga hanya dinyalakan pada saat ingin digunakan.

Tak terasa sudah sore,saatnya coffee-time,ah beapa nikmat hidup ini untuk di syukuri. Perut juga agak lapar,tiba-tiba terbayang otak-otak belinyu. Tapi malas sekali untuk pergi membeli,apalagi nggak ada yang menemani. Setelah selasai ngopi, Yanti menelpon menanyakan ada dimana, dia sedang keluar dengan temannya,katanya mau mampir mengantarkan sesuatu. dan yang diantar adalah.. otak-otak belinyu! Ah, mau pingsan, nggak ada alasan.

Ini memang sebuah kebetulan, bukan tentang membaca pikiran, hanya saja waktunya yang pas,seakan ada fenomena tertentu. Saya hanya merasa menjadi orang yang beruntung,ah betapa nikmat hidup ini untuk disyukuri. Kejadian serupa juga terjadi beberapa hari yang lalu,setelah kasus lupa hari ulang tahun, ternyata kalender duduk yang ada di dalam kamar adalah kalender tahun 2009. Pada saat itu tiba-tiba teringat ingin membeli kalender duduk untuk kamar,tapi bingung mau cari dmana, biasanya kalender seperti itu didapat dari hadiah bank, atau souvenir iklan. Besoknya datang kiriman sebuah kalender duduk, yang berisi gambar-gambar kenangan eks Bioskop Banteng yang telah dimusnahkan pemkot.

The journey has ended,but the memory lingers on...

The journey has ended,but the memory lingers on…


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post