room sweet room

25 May 2010

Belakangan hari ini, ada sedikit perubahan gaya hidup, tidur lebih awal dari biasanya. Kalau dulu, menunggu jam 12 malam baru siap2 tidur, sekarang diusahakan maksimal jam 11,bahkan lebih awal. Perubahan niat, juga diikuti perubahan “infrastruktur” biar kumplit. Setelah posisi ranjang diubah, hordeng juga diganti dengan woodblind. Lalu yang paling saya sukai, mengganti “meja kerja”. Karena keponakan saya yang SD sekarang setiap sore pasti main komputer di sini, meja yang lama terlalu kecil untuk diisi oleh 2 orang.

Karena bidang usahanya furniture,artinya bikin meja nggak pakai bayar hehehe. Tapi pembuatannya dikerjakan oleh tukang di workshop,sesuai dengan ukuran dan gambar yang telah dibuat. saya kan tukang reparasi pompa air,jadi bukan tukang kayu. Tapi untuk proses finishing, semua saya kerjakan sendiri,dari pengamplasan hingga pengecatan, sekalian eksperimen warna juga.

Awalnya, meja yang sudah dibuat, di dempul dan diamplas dengan amplas kasar no 80 agar licin dan rata. Setelah itu bisa disapu dengan dempul cair (wood filler) sehingga seluruh permukaan kayu akan tertutup dan halus. Setelah itu diamplas lagi dengan kertas amplas yang lebih halus, yaitu nomer 120.

mentah

Kemudian tentukan warna yang diinginkan. Pewarnaan dapat dilakukan dengan menggunakan wood stain. Prosesnya bisa dengan kuas ataupun dengan kompresor. Jenis2 warna yang tersedia sangat beragam, dari warna jati, merah kazama, walnut brown, dark brown, mahoni,hingga hitam. Warna yang saya pilih adalah walnut brown dengan mengunakan kompresor. Setelah pewarnaan selesai,ditunggu hingga kering dan tidak boleh diamplas.

wood-stained

Langkah berikutnya, menyemprot meja tersebut dengan sanding sealer. Bahan ini berfungsi mirip dempul, namun berbentuk cair dan seperti cat transparan. Setelah kering, meja akan terasa sedikit kasar,namun setelah diamplas akan terasa permukaan kayunya menjadi halus. kertas amplas bisa menggunakan yang nomer 360 atau 400.

san-ding

Langkah terakhir adalah finishing melamic,yaitu cat permukaan bening untuk kayu. Jenis melamic disesuaikan dengan selera, yang tersedia ada 3 macam: gloss ( mengkilap tebal ), semi-gloss ( agak mengkilap tapi tidak terkesan tebal ), dan doff ( lapisan clear yang terkesan tipis dan tidak mengkilap ). Saya memilih yang doff.

sanding

Untuk bagian laci, saya beri variasi warna broken white. Untuk jenis cat ini, agak berbeda dengan finishing melamic, karena warna solid dilakukan dengan cat duco.

kamar-1

kamar-2

Demikianlah, kacau kan judul dengan isi tulisannya, namanya juga tukang pompa, bukan writer hehehe, namun jika ada yang tertarik untuk mengecat sendiri perabotan di rumah, beli bahan mentah atau re-finish, bahan2 yang disebutkan diatas bisa digunakan untuk mencoba sendiri,hasilnya akan lebih halus jika menggunakan politur atau pernis biasa. Jika penggunaan kompresor yang agak susah dilakukan, proses pengecatan bisa juga menggunakan kuas biasa, hanya hasil dari semprotan kompresor saja yang lebih rata.


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post